Senin, 15 September 2014

Susu Mengandung Zat Pengurang Dehidrasi Anak

Dari kecil, kita sudah akrab dengan minuman yang bernama susu. Selain baik untuk masa pertumbuhan anak, ternyata ada beberapa fakta mengejutkan tentang minuman ini.
KapanLagi.com - Seperti yang dilansir oleh Ivillage, ternyata susu bekerja lebih baik untuk mengatasi dehidrasi pada anak berusia 8 sampai 10 tahun daripada cairan elektrolit bahkan air.

 
Penelitian yang dilakukan di Program Latihan dan Kesehatan Anakdi McMaster University di Ontario, Kanada menguji kemampuanbeberapa jenis minuman yang efektif untuk mengurangi dehidrasipada anak usia sekolah. Penelitian ini dilakukan pada anak-anaksetelah mereka melakukan kegiatan fisik. Anak-anak melakukanlatihan fisik di sebuah ruangan yang suhunya telah diatur sedemikian rupa, lalu mereka diberi minuman setelah berolahraga,air atau susu. Para peneliti lalu mengukur kadar dehidrasi pada anak.

Hasil dari penelitian ini dipresentasikan bulan Septembe pada pertemuan the European Group for Pediatric Exercise Physiology. Dan dalam sebuah konfrensi pers, Brian Timmons, ketua penelitian ini mengatakan, "Susu lebih baik daripada jenis minuman suplemen atau air karena susu kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit." Perlu dicatat pula, penelitian ini didanai oleh para petani penghasil susu di Kanada. Selain itu, beberapa penelitian yang telah dilakukan juga memberikan hasil yang hampir sama:

Hasil dari sebuah penelitian pada tahun 2007 yang telah diterbitkan oleh the British Journal of Nutrition menemukan bahwa setiap orang yang meminum susu setelah berolahraga akan memiliki keseimbangan cairan positif di dalam tubuhnya selama masa pemulihan, sedangkan mereka yang meminum air atau suplemen memang akan mengurangi dehidrasi, tetapi setelah satu jam meminum dua jenis cairan tersebut, tubuh mereka akan kembali mengalami dehidrasi.

Dan hasil penelitian pada tahun 2008 yang diterbitkan oleh the European Journal of Applied Physiology menemukan bahwa susu bubuk lebih efektif menggantikan keringat yang keluar daripada minuman berkarbohidrat dan cairan elektrolit.

Hasil-hasil penelitian ini sudah cukup meyakinkan kita bahwa satu cangkir susu hanya mengandung 102 kalori, mengandung 8 gram protein (baik untuk pertumbuhan otot), 107 mg sodium (baik untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama berolahraga), 290 mg kalsium (baik untuk pertumbuhan badan dan tulang), serta zat besi, magnesium, potasium, dan fosfor. Selain itu, susu juga mudah di dapat dan harganya pun relatif terjangkau.

Sediakan selalu susu di lemari es Anda, jadi sewaktu-waktu anak Anda kehausan, Anda tidak perlu repot-repot mencarinya. Lagipula, khasiat susu yang bermacam-macam dapat membuat anak Anda lebih sehat dan cerdas. Jadi, tidak ada ruginya.. (wo/dion/wsw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar