Selasa, 11 November 2014

WALIKOTA MOJOKERTO LAUNCHING AMARI DAN TELECENTER PALAPA

Angkutan malam hari gratis (Amari) resmi telah dilaunching Walikota Mojokerto KH.Masud Yunus, sabtu 1/11/2014 di arena Terminal Kertajaya Kota Mojokerto . lanching kali ini disaksikan oleh Kapolres Mojokaerto Kota AKBP Wiji Suwartini, SH, M.Si, asisten I dan II, pimpinan organda, pimpinan Bina Marga Kota Mojokerto, Dinas Infokom Provinsi Jatim, Camat dan Lurah Se-Kota Mojokerto. Amari adalah armada Kota yang disediakan oleh Pemerintah Daerah secara gratis. Dengan adanya Amari ini diharapkan dapat memberikan kemudahan-kemudahan untuk masyarakat. Kemudahan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Mojokerto ini dapat dimanfaatkan demi penimgkatan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu dikatakan Walikota Mojokerto saat memberikan sambutan peresmian launching tersebut. “ Dengan adanya Amari ini maka Kota Mojokerto akan ramai, dengan ramainya Kota maka peredaran uang akan meningkat, dan otomatis perekonomian juga akan meningkat. Jika perekonomian meningkat maka pengangguran dan kemiskinan akan berkurang. Dengan demikian kesejahteraan masyarakt akan meningkat”. Tegas Walikota. Hal ini mengingat fungsi pemerintah adalah melayani dan tugas pemerintah adalah mensejahterakan rakyatnya. Pembangunan kota Mojokerto lima tahun kedepan adalah mewujudkan Kota Mojokerto sebagai servive city yang maju, sehat, cerdas, sejahtera dan bermoral. oleh karenanya harus diimbangi dengan kemampuan dalam bidang penggunaan teknologi informasi. Pada kesempatan yang sama juga dilaunching penggunaan Telecenter Palapa. Dengan adanya Telecenter Palapa ini masyarakat dapat mengakses internet untuk mendapatkan berbagai informasi atau menggunakannya sebagai media promosi akan produk dan jasa yang dihasilkan, pesan Walikota. Pada kesempatan tersebut Walikota bilang bahwa setelah launching Amari ini maka ada lima pelayanan gratis yang diberikan oleh Pemerintah daerah kepada masyarakat yaitu gratis dalam bidang kesehatan, pendidikan, layanan public seperti kepengurusan KTP, KK dan Akte Kelahiran serta Raskin Gratis dan Amari ini. Sementara itu Ruby Hartoyo, S.Sos, MM Kepala Dishubkominfo Kota Mojokerto menyampaikan bahwa saat ini kondisi Terminal Kertojoyo mengalami penurunan fungsi, sebab ada kecenderungan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dari pada menggunakan jasa angkutan kota. Keadan tersebut berdampak pada jam operasional angkutan umum dalam kota atau mikrolet. Melihat kondisi tersebut diperlukan inovasi untuk menghidupkan kembali fungsi terminal Kertajaya Kota Mojokerto sebagai service city maka diperlukan upaya memberikan angkutan malam hari secara gratis. Route Amari meliputi pusat pelayanan atau kawasan public. Untuk Line A melintasi Terminal Kertojaya- Jln. Jaya Negara-jln.Pahlawan-Jln.Benteng Pancasila-Jln.Empunala-Jln. Residen Pamuji-Jln.Letkol Sumarjo-jln. A.Yani-jln.Mojopahit utara - Jln.Bayangkara-Jln.PB.Sudirman-Jln. Cokro Aminoto-Jln. KH.Nawawi-Jln.Bayangkara-Jln. Mojopahit Selatan-Jln. Brawijaya-Jln. Tribuana Tungga Dewi-Jln. Prajuritkulon-Jln. Surodinawan (RSUD)-Jln. KH.Usman-Jln.Wijaya Kusuma-Jln. Teratai-Jln. Raden Wijaya-Jln. Jaya Negara – kembali ke Terminal Kertajaya. Untuk route line B melewati Terminal Kertajaya- Jln. Jaya Negara-Jln. Mojopahit Selatan-Jln. RA.Basuni-Jln. KH.Usman- Jln. Surodinawan (RSUD) – Jln. Tribuana Tungga Dewi-Jln. Brawijaya-Jln.Mojopahit utara (aloon-aloon)-Jln. Bayangkara-Jln.PB Sudirman-Jln. Residen Pamuji-Jln.Empunala-Jln.Benteng Pancasila-Jln.Jln.Pahlawan-Jln. Jaya Negara dan kembali ke Terminal. Untuk saat ini jumlah armada Amari masih tersedia sebanyak 8 unit untuk line A dan B. amari ini beroperasi mulai jam 18.00 sd. 20,00 WIB. Mengenai Telecenter merupakan sarana atau tempat yang dilengkapi dengan teknologi, informasi dan komunikasi sbagai sarana pemberdayaan komunikasi masyarakat. Telecenter palapa merupakan bantuan dari pemerintah Propinsi Jawa Timur melalui Dinas Informasi dan Informatika yang bisa direalisasikan pada tahun 2014 ini. Keberadaan Telecenter ini sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2003 tentang kebijakan strategi nasional dalam pengembangan e-government. Tjuan dibangunnya Telecenter ini antara lain untuk meningkatkan aksesbilitas terhadap sumber informasi, pengetahuan dan teknologi. Mendorong produktivitas dan inovasi dan menfasilitasi jalinan kemitraan dan memberikan peluang positif bagi masyarakat untuk berkembang. Mendukung promosi keunggulan Kota Mojokerto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar